Backlink


Apa Itu Backlink? Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?
AuthorAndy , 2019-10-14 . 6 minutes
Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis kerap kali melintas di kepala sebagian besar blogger maupun web developer.

Daftar Isi  show
Mempelajari dan memahami konsep backlink memang tidak gampang. Pasalnya, selalu saja ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang. Salah satunya yakni kehadiran algoritma Google Penguin yang diplot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Nah, agar semakin mengenal seputar backlink dan berbagai perintilannya, pada artikel kali ini secara khusus sudah kami rangkum pengertian backlink lengkap dengan contoh backlink, tips, hingga panduan cara mendapatkan backlink gratis berkualitas.

Penasaran seperti apa isinya? Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama.

Apa Itu Backlink?Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?
Apa Itu Backlink?Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?
Apa Itu Backlink?
Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekadar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari.

Dari segi manfaat, backlink dibedakan menjadi dua jenis, yakni dofollow dan nofollow. Kedua jenis backlink di atas sebenarnya tidak berbeda sama sekali jika dilihat secara kasat mata. Namun, jenis backlink dofiollow lebih banyak disukai karena memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari, sementara jenis nofollow relatif kurang diminati karena tidak memberikan efek berarti untuk website.

Dewasa ini, kebutuhan backlink semakin berkembang pesat seiring maraknya kampanye berbasis SEO sebagai salah satu strategi untuk menarik calon pembeli. Lantas, kira-kira adakah tips atau cara ampuh untuk mencari backlink berkualitas tinggi?

Baca Juga: Panduan Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Tips Cara Mencari Backlink Berkualitas
Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratisan, Anda bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post.

Berikut merupakan tips cara mencari backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan website Anda.

1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik
Sudah bukan rahasia lagi jika konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya. Jadi, fokuslah untuk mencari ide baru sebagai bahan tulisan. Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi rujukan situs authrity seperti Wikipedia yang memang terkenal sering memberikan backlink berkualitas.

2. Aktif Membangun Relasi Pertemanan
Jika Anda merupakan seorang blogger, jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan.

Kalau Anda beruntung, bisa jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website Anda dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.

3. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari
Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan.

4. Melakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama
Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian. Namun, bagaimana jika blogwalking dilakukan pada blog/website dengan topik bahasan yang sama? Silahkan Anda coba dan buktikan sendiri efeknya.

5. Gunakan Tools
Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tersebut, kemudian bisa Anda pilah untuk dijadikan target membuat link building yang lebih optimal. Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan sehingga Anda harus mengeluarkan investasi uang yang angkanya cukup lumayan.

Kumpulan Website Sumber Backlink Gratis
Kumpulan sumber backlink gratis berkualitas
Kumpulan sumber backlink gratis berkualitas
Agar semakin melengkapi pengetahuan Anda tentang apa itu backlink, dibawah ini sudah kami rangkum sejumlah website yang bisa dijadikan sebagai sumber mencari backlink berkualitas untuk website Anda.

Perlu diketahui, proses mencari backlink melalui beberapa situs ini cukup memakan waktu dan melelahkan, jadi jangan lupa siapkan kopi serta camilan agar tetap fokus dan mendapatkan hasil maksimal.

About Me
Domain Authority (DA): 93

Tipe backlink: Profile

Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian menambahkan URL website target di halaman about atau profil tautan website.

Medium.com
Domain Authority (DA): 95

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Medium tak ubahnya seperti blogspot atau wordpress.com yang menawarkan platform blogging dengan kebebasan menulis yang tidak dibatasi. Jadi, Anda bisa memanfaatkn layanan ini sebagai sarana latihan menulis sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke website Anda.

YouTube.com
Domain Authority (DA): 99

Tipe backlink: Profile / contextual

Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu produk hasil besutan Google, YouTube tentu bisa menjadi salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari YouTube, pertama Anda bisa memasang URL homepage website di halaman profil about me, lalu yang kedua YouTube backlink berupa URL homepage maupun artikel yang bisa disematkan di dalam kolom deskripsi.

Scribd
Domain Authority (DA): 94

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Apakah Anda punya file-file tugas kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan kerja keras Anda tersebut, edit dan tambahkan hyperlink di bagian dokumen yang menurut Anda relevan, kemudian unggah ke website dokumen sharing Scribd untuk mendapatkan potensi backlink dari situs DA besar.

Kaskus.co.id
Domain Authority (DA): 80

Tipe backlink: Contextul

Cara mendapatkan backlink: Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari Kaskus Anda harus bisa membuat sebuah thread menarik yang tidak repost dan bermanfaat bagi banyak orang. Di bawah thread Anda bisa memberikan tautan referensi atau sumberyang benar-benar sesuai dengan tpik bahasan terkait.

Itulah pembahasan terkait apa itu backlink lengkap dengan tutorial cara mendapatkan backlink gratis yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Kita semua tentu sepakat jika salah satu langkah optimasi website adalah dengan cara menambahkan kualitas maupun kuantitas backlink senatural mungkin dan jangan lupa untuk selalu cek backlink.

Namun, hal tersebut rasanya bakal sia-sia saja jika website Anda belum ditopang dengan performa layanan hosting optimal, sehingga berpotensi menyebabkan website sering down atau mengalami server error.


DOMINO88
POKER88
TUNASPOKER
POKER AB
POKERCAPSA
POKERNIRWANA
POKERSELEB
18DEWAPOKER
18DEWA
TUNASPOKER
NIRWANAPOKER
BIGPOKER88
SINGAPOKER
DEWAPOKER
Maka dari itu, sebelum memulai tahapan pemberian backlink sebaiknya Anda terlebih dahulu harus mempertimbangkan untuk menggunakan provider web hosting Indonesia terbaik dengan berbagai teknologi canggih untuk menjaga kinerja website Anda.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk klik bagikan atau meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar backlink dan tips-tips cara mencarinya.

Semga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Kata Kata Mutiara Tentang Bencana Alam

Cara Mudah Memasang Notifikasi Komentar Disqus di Blog